Panduan Mengatur Asupan Gizi dari Makanan Sehat

Spread the love

Seiring waktu, kehidupan manusia semakin modern sehingga menuntut setiap individu memiliki gaya hidup modern yang serba praktis. Akibatnya orang cenderung untuk berpikir simple dan kurang peduli terhadap asupan gizi yang diperlukan tubuh.

Padahal asupan gizi seimbang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan organ-organ di dalam tubuh. Tubuh yang sehat dapat beraktivitas dan bekerja dengan lebih baik serta tidak mudah sakit. Lantas bagaimana cara mengatur asupan gizi dari makanan yang sehat? Simak ulasan berikut ini.

Mengenal Nutrisi yang Diperlukan Tubuh

Nutrisi atau disebut juga sebagai gizi adalah substansi organik yang berasal dari makanan dan dibutuhkan organisme untuk fungsi yang normal dari sistem tubuh. Nutrisi menunjang pertumbuhan dan memelihara kesehatan tubuh.

Berbagai nutrisi sebagai sumber energi tubuh terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Setiap nutrisi perlu dipenuhi dalam jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian pada setiap individu agar dapat memperoleh gizi seimbang.

Cara Mengatur Asupan Gizi Seimbang Dari Makanan Sehat

Setelah Anda mengetahui pengertian dan fungsi nutrisi atau gizi bagi tubuh, maka selanjutnya adalah mengenal cara untuk mengatur asupan gizi agar sesuai dengan kebutuhan setiap hari melalui makanan yang sehat. Berikut ini tips menerapkan gizi seimbang untuk Anda dan keluarga Anda:

  1. Konsumsi Aneka Ragam Makanan Setiap Hari

Makanan yang beraneka ragam dapat melengkapi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh, sehingga satu makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi yang tidak ada di makanan lain.

  1. Makanan Dengan Energi Seimbang

Energi diperlukan tubuh untuk beraktivitas dan menjalankan organ-organ penting di dalam tubuh. Sumber energi dapat diperoleh melalui makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Anda dapat mengonsumsi makanan pokok seperti nasi, umbi-umbian, atau gandum sebagai sumber energi alami.

  1. Batasi Konsumsi Lemak

Lemak memang baik untuk tubuh yang digunakan sebagai cadangan energi, namun konsumsi berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga Anda perlu membatasi konsumsi lemak.

  1. Batasi Konsumsi Gula

Gula dirubah menjadi karbohidrat di dalam tubuh, meskipun demikian konsumsi gula perlu dibatasi agar tidak menimbulkan resiko pada kesehatan.

  1. Gunakan Garam Beryodium Saat Memasak

Saat memasak makanan, sebaiknya gunakan garam beryodium. Sebab yodium merupakan nutrisi mikro yang mendukung perkembangan otak melalui fungsi dari tiroid.

  1. Konsumsi Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Sumber alami zat besi bisa didapatkan dari daging, kuning telur, kacang-kacangan, hati, dan sayuran hijau.

  1. Biasakan Sarapan

Banyak orang melewati sarapan hanya karena ingin menurunkan berat badan, padahal sarapan sangat penting untuk memelihara kesehatan dan menunjang produktivitas sepanjang hari, khususnya bagi anak-anak di masa pertumbuhan.

  1. Cukupi Kebutuhan Air Setiap Hari

Air mineral sangat penting untuk keseimbangan cairan di dalam tubuh. Konsumsi air mineral setidaknya 6-8 gelas setiap hari.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga yang teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori di dalam tubuh dapat berjalan dengan baik. Aktivitas fisik seperti olahraga ringan atau workout dapat membantu menjaga kebugaran tubuh, kesehatan jantung, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikianlah cara mudah untuk memenuhi asupan gizi seimbang dari makanan sehat setiap hari. Kebutuhan nutrisi setiap individu dapat berbeda-beda, sehingga penting untuk mengetahui kebutuhan nutrisi yang Anda perlukan.