Perlengkapan ibu dan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit

Spread the love

Perlengkapan bayi baru lahir harus dibawa ke rumah sakit ketika sang ibu sudah waktunya melahirkan. Saat waktu melahirkan sudah semakin dekat Bunda dan suami sudah seharusnya mempersiapkan semuanya.

Daftar Perlengkapan bayi baru lahir harus dibawa ke rumah sakit

Adapun perlengkapan yang dimaksud dapat dibagi ke dalam kebutuhan bayi, ibu serta pendampingnya misal suami. Contohnya seperti berikut:

  1. Baju yang dipakai di Rumah Sakit

Baju bayi yang harus dibawa ke rumah sakit sebaiknya sudah dipersiapkan saat masih hamil 8 bulan. Biasanya baju-bajunya dibawa agak banyak untuk beberapa hari rawat inap, yang diganti dua kali dalam sehari. Seperti baju dan celana lengkap tangan panjang beserta kaos dalamnya.

  1. Pampers dan Bedong

Selain baju yang dipakai, masih ada juga pampers atau sekarang lebih cenderung menggunakan pampers untuk melapisi bayi saat BAB dan BAK.

Selain itu, Bunda bisa membawa bedong karena sudah menjadi kebiasaan sejak dulu untuk membedong bayi baru lahir. Alasannya agar bayi lebih hangat seperti masih di dalam kandungan ibu.

  1. Selimut

Selimut juga menjadi kebutuhan penting bagi bayi, agar si bayi bisa selalu merasa nyaman dan juga hangat saat berada di ranjang bayi yang sudah disediakan.

  1. Peralatan Mandi

Hal ini sudah pasti wajib dibawa, meskipun bisa dibeli di apotek rumah sakit. Tapi jika Bunda sudah mempersiapkannya sendiri akan lebih baik, yaitu perlengkapan mandi mulai dari yang standar seperti sampo dan sabun hingga bedak, minyak telon dan beberapa losion pelembab.

  1. Sarung tangan, kaus kaki dan topi

Agar semakin hangat, maka dibutuhkan topi, sarung tagan dan kaos kaki. Sehingga, sang bayi juga bebas dari rasa dingin dan sama nyamannya dengan keadaan di dalam rahim ibu.

  1. Kain Alas Mandi

Kegiatan mandi bayi biasanya dilakukan oleh para perawat di rumah Sakit tersebut. Bunda hanya perlu menyerahkan semua kebutuhannya seperti peralatan andi tadi, juga kain alas mandi yang biasa disebut perlak.

Barang kebutuhan ibu

Sebelum mempersiapkan daftar perlengkapan bayi baru lahir yang dibawa ke rumah sakit, sang ibu harus mempersiapkan terlebih dulu barang-barangnya sendiri. Adapun barang yang diperlukan seperti :

  1. Pakaian Ganti

Hampir sama dengan bayi, ibu juga membutuhkan pakaian yang dipakai di sana. Pilih pakaian ganti yang nyaman untuk si ibu.

  1. Perlengkapan Pembalut Untuk Nifas

Selain pembalut biasa, ada juga pembalut khusus melahirkan yang biasa dipakai setelah menjalani nifas.

  1. Peralatan Menyusui

Karena ibu harus mulai mengenalkan ASI dari baru lahir ini, maka jangan lupa untuk membawa peralatan untuk menyusui. Peralatan yang dimaksud di antaranya breast pad, bantal menyusui untuk tempat si bayi saat menyusui, nipple cream ataupun nipple suction.

  1. Peralatan Mandi

Peralatan mandi memang harus dipersiapkan lebih dulu dari yang lainnya, karena kondisi melahirkan merupakan kondisi yang melelahkan. Butuh membersihkan diri agar tidak tercium bau dan membuat ibu bisa terlihat lebih bersih dan segar.

  1. Alas kain Panjang

Barang ini sering disarankan untuk dibawa, yaitu alas kain panjang yang digunakan sebagai alas bawah sang ibu setelah habis melahirkan.

  1. Losion atau Pelembab

Ini juga termasuk salah satu yang harus dibawa untuk si ibu, karena saat melahirkan pastinya kulit akan merasa kekeringan.

  1. Kaos Kaki dan Gurita

Kaos kaki bisa membantu saat si ibu melahirkan dengan cara sesar, maka akan sangat membantu jika menggunakan kaos kaki ketika mulai operasinya. Sedangkan, gurita dibawa untuk kebutuhan ibu setelah melahirkan.

  1. Barang-barang Pribadi

Terakhir adalah barang pribadi seperti ponsel, jam tangan, dompet dan lainnya yang juga menjadi barang bawaan saat ke rumah sakit. Atau bisa juga buku bacaan untuk dibaca saat menunggu kelahiran tiba.

Barang keperluan pendamping atau suami

Selain ibu dan bayi, pastinya ada juga pendamping dari keluarga yang menemani sang ibu saat melahirkan. Biasanya kadang ibu dari wanita yang melahirkan, atau lebih sering pendampingnya adalah suaminya sendiri.

Adapun perlengkapan bayi yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit:

  1. Baju Ganti

Seperti biasa, pendamping atau suami juga butuh baju ganti untuk bertukar baju setelah mandi.

  1. Peralatan Mandi

Barang yang satu ini pastinya merupakan barang yang penting, yaitu peralatan mandi suami seperti sabun, sampo, pasta dan sikat gigi. Mungkin untuk yang satu ini, Bunda bisa memakai berbarengan dengan suami.

  1. Selimut dan Perlengkapan Tidur

Suami yang menemani saat melahirkan juga pastinya membutuhkan sebuah selimut agar tidak kedinginan di malam hari. Karena, tidurnya suami atau yang disebut pendamping bisa disembarang tempat jika ruangannya bukan ruangan khusus VIP. Oleh karena itu, membutuhkan selimut dan beberapa perlengkapan tidur lainnya

  1. Kasur Lipat

Sudah dijelaskan tadi, bahwa pendamping tidak diketahui harus menginap dan tidur dimana. Tapi yang jelas, sebuah kasur lipat sangat mendukung dan tepat untuk digunakan sebagai alas tidur.

  1. Berkas Dokumen

Ini merupakan tanggung jawab dari sang suami, dimana suami harus mempersiapkan juga semua berkas dan dokumen yang dibutuhkan di rumah sakit terkait persiapan kelahiran istri. Dokumen mulai dari kebutuhan BPJS, dokumen buku catatan kehamilan sang ibu, serta dokumen lainnya.

  1. Tas Kosong

Untuk tas ini dibutuhkan untuk membawa barang-barang sisa dari rumah sakit sepulangnya Bunda ke rumah.

  1. Perlengkapan Membersihkan Tali Pusar

Ini juga merupakan perlengkapan yang harus selalu diingat untuk dibawa, yaitu perlengkapan mencuci dan membersihkan tali pusat bayi hingga menguburnya dengan sebuah kendi.

  1. Obat-obatan

Terakhir adalah obat-obatan dimana suami sebagai pendamping harus siap membawakan kebutuhan obat sang istri.

Selain perlengkapan bayi baru lahir harus dibawa ke rumah sakit di atas, masih ada beberapa dokumen tambahan yang sebaiknya disiapkan seperti:

  • Masker
  • Cairan anti septik
  • Tas kosong
  • Dokumen registrasi rumah sakit
  • Berkas Riwayat medis selama kehamilan
  • BPJS atau kartu asuransi

Jika ingin mengurus kelengkapan untuk akta kelahiran bayi, maka jangan lupa juga membawa segala dokumen pengurusnya.

Perlengkapan bayi baru lahir harus dibawa ke rumah sakit juga harus dicek satu persatu. Hal ini untuk memastikan kelengkapannya.