Wisata lumba lumba liar di Pantai Lovina Bali (Pengalamanku 2022)

Spread the love

Amazing 1000 Dolphin, Dolphin Tour in Lovina Bali, what to know before you go? Sayup-sayup terdengar di telingaku rombongan kapal yang berisi wisatawan asing yang akrab dengan panggilan “bule”. Padahal waktu kami mengunjungi pantai lovina untuk menyaksikan langsung wisata lumba-lumba liar waktu masih menunjukkan jam 6 pagi, dimana matahari masih malu-malu menunjukkan dirinya.

Menyaksikan Sunrise di Pantai lovina menjadi bonus bagi rombongan kami selain tujuan utama untuk melihat lumba lumba lovina. Sudah sejak lama keluarga kami merencanakan untuk berwisata melihat kehidupan dan habitat langsung dari ikan lumba lumba yang hidup dan bertumbuh secara liar.

Serunya melihat lumba-lumba di laut lepas Lovina Singaraja

Bukannya atraksi lumba lumba seperti di pantai Ancol seperti ocean dream samudra ancol, ahh itu tentu sudah membosankan, terlebih lumba-lumba yang melakukan atraksi sudah dilatih khusus agar mereka bisa melakukan gerakan seperti melompat, menghitung angka, bermain bola, berdiri dan bergoyang dan sebagainya.

Pantai lovina sendiri sebagai objek wisata baru yang jauh dari kota Denpasar, tepatnya berada di Kota Singaraja atau Bali Utara. Pantainya terbilang masih alami dan berpasir hitam, untuk jumlah wisatawan pun tidak seramai seperti di Kuta, Uluwatu ataupun Sanur sebagai tempat wisata favorit.

Saya sendiri bela-belain datang ke Singaraja dari Hotel Prime Plaza Sanur menempuh perjalanan 3 jam, berangkat jam 3 subuh dan sampai jam 6 sore hanya untuk menyaksikan langsung keseruan melihat lumba-lumba dari jarak dekat.

Pengalaman saya menonton lumba-lumba di pantai lovina Bali sangat mengesankan sekali. Berangkat menggunakan perahu kecil yang dikemudikan oleh bli Komang. Awal perjalanan sempat merasa resah dan berasumsi ahh jangan-jangan hanya bohong kalau lumba-lumba Lovina sudah tidak ada atau tidak lagi singgah di pantai Lovina.

Lebih dari setengah jam kami menyusuri tiap jengkal laut Lovina sampai ke tengah laut masih saja tak ada penampakan ikan lumba lumba. Sempat putus asa tapi tiba-tiba terdengar suara dari perahu lain yang berteriak itu lumba-lumbanya disana. Spontan perahu kami pun segera menghampiri dengan diikuti perahu-perahu kecil lainnya, ya kurang lebih ada 8 perahu yang juga ikut berburu lumba lumba liar di pantai lovina itu.

Meski pemandangan tidak terlalu jelas dan agak backlight, kami sangat senang sekali akhirnya bisa melihat langsung lumba lumba yang lucu dan menggemaskan. Namun karena mereka tumbuh di habitat liar, sepertinya tidak terlalu  berani mendekat ke manusia, hanya menghampiri sebentar kapal yang kami tumpangi.

Ini sangat menakjubkan, anakkupun sangat senang dan tertawanya begitu lepas melihat rombongan lumba-lumba berputar di perahu kami. Jumlah mereka tidak sedikit, 1 kelompok hewan mamalia itu berisi sekitar 10 sampai 15 ekor lumba-lumba. Kami tidak tahu pasti ada berapa kelompok lumba-lumba itu, namun kami rasakan lebih dari 8 rombongan kelompok lumba-lumba yang berbeda di laut Lovina Beach.

Mereka berenang dan sesekali melompat namun tidak sehebat dan sepintar lumba-lumba di sea word Ancol ya, jadi jangan bayangkan seperti itu :D. Ada lumba-lumba berukuran besar serta anak-anak mereka yang masih kecil. Pokoknya seru banget, rekomendasi kalau kamu lagi berlibur ke Bali Utara.

Berapa sih harga tiket masuk ke Pantai Lovina untuk menikmati atraksi ikan lumba-lumba ini?

Untuk harga normal sekitar 150 ribu per orang, namun di suasana Pandemi Covid19 harga hanya 100 ribu rupiah itupun sudah termasuk wisata snokerling (menyelam melihat ikan dan terumbu karang). Namun jika hanya ingin melihat lumba lumba saja hanya dikenakan harga 50 ribu untuk sewa perahunya dengan durasi 2 jam, bisa lebih tidak terbatas waktu juga , saya saja lebih dari 3 jam dan masih ditawarin mau mutar-mutar lagi gak lihat lumba-lumbanya sama si bli pemilik perahu.  Pokoknya flexibel sih sebenarnya, apalagi kalau kita bilang mau kasih uang tip 😀

Oh iya Kapan Waktu Terbaik Melihat lumba-lumba di Lovina?

Biar kamu gak rugi jangan sampai sia-sia sesampainya disana kesiangan dan lumba-lumbanya sudah tidak memunculkan dirinya lagi. Bagusnya kamu sudah harus ada di pantai Lovina sekitar jam 6 sd jam 6.30 an, jangan lebih dari itu, karena untuk ke tengah laut sambil mutar-mutar saja bisa 2 jam an. Keren banget bisa sekalian lihat Sunrise di Pantai lovina juga loh. Habis itu baru deh lanjut wisata snokerling ataupun diving, nah kalau ini jamnya bebas tidak harus pagi-pagi buta.

Oke beasti ini pengalamanku saat wisata lumba lumba di Pantai Lovina Bali kemarin ya tepatnya bulan Maret tahun 2022, dan wisata di Bali juga sudah mulai ramai tidak sepi lagi semenjak pembatasan PPKM sudah lebih ringan.

Video ratusan lumba lumba penuhi pantai lovina bali (Amazing 1000 Dolphin)

Oh iya lupa cerita, kalau saya waktu di pantai lovina juga tak sengaja mendapatkan pengalaman unik yaitu bertemu dengan lumba-lumba berwarna merah jambu atau yang biasa dikenal lumba lumba pink atau albino.

Penampakan lumba lumba pink di Pantai Lovina ini untungnya sempat saya rekam melalui ponsel saya, biar gak penasaran tonton saja langsung videonya. Terima kasih ya beasti, jangan lupa suscribe Youtube saya dongg biar saya semakin semangat bikin konten. Saya doakan beasti makin melimpah rejekinya, dan bagi yang masih jomblo segera mendapatkan jodohnya heheheehe 😀